Tips membuat surat lamaran bahasa inggris
Pada umumnya seseorang pelamar kerja yang menulis surat lamaran kerja karena ada suatu peluang pekerjaan yang ditawarkan dari suatu perusahaan atau suatu lembaga pemerintah yang mensyaratkannya. Surat lamaran berbahasa inggris itu sendiri pada dasarnya sama dengan surat penjualan, yaitu surat yang memperdagangkan jasa,pengetahuan, keahlian dan pengalaman kerja si pelamar itu sendiri.
Oleh karena itu surat lamaran kerja harus dapat membuat simpati dan perhatian sehingga menimbulkan prospective employer yang dengan cepat dapat menarik kesimpulan (yang membutuhkan tenaga kerja) dalam
hal ini perusahaan atau suatu instansi untuk memperoleh seorang calon tenaga kerja/pegawai yang cakap dan tepat sesuai dengan yang dibutuhkan. Biasanya peluang yang ditawarkan itu membutuhkan tiga hal pokok yaitu: Antara lain; Riwayat pekerjaan atau pengalaman kerja, umur dan gaji yang diinginkan. Tapi terkadang ada juga yang meminta pendidikan terakhir.
Untuk itu pelamar akan mengirimkan surat. yang menunjukkan keinginannya mer jadi karyw,.1Tannya dalam salah satu bidang yang ditawarkannya, pas foto dan daftar riwayat hidup.
Karena merupakansuaau surat pribacli yang bersifat resmi, maka bahasa yang digunakan haruslah bahasa Indonesia yang balk dan benar, kalaupun anda menggunakan bahasa Inggris, gunakan lah bahasa Inggris yang sesuai dengan aturan yang ada.
Kertas yang biasa digunakan dalam menulis surat lamaran adalah kertas bergaris, karena dengan kertas bergaris akan membantu si penulis agar dapat
menulis dengan rapi dan bersih. Tetapi sekarang sering juga ditulis dengan kertas HVS polos putih dengan diketik (dapat menggunakan komputer atau dengan mesin ketik biasa). Penulisan surat lamaran tidak selamanya kita kirimkan berdasarkan lowongan kerja yang dicantumkan dalam Koran atau ikian. tapi dapat juga di kirimkan berdasarkan keinginan sendiri
untuk menjaga adanya kemungkinan lowongan pekerjaan pada bagian tertentu
yang diinginkan itu, atau dapat juga berdasarkan satu informasi, misalnya dari anggota keluarga, saudara atau teman dan dapat juga karena informasi dari perguruan tinggi, tempat kursus dan dapat juga melalui Dinas Tenaga Kerja atau salah satu Biro Jasa yang memang menyediakan informasi tentang lowongan kerja.
Hal-hal yang perlu dilampirkan dalam mengirim surat lamaran antara lain: Kartu Tanda Penduduk, Daftar Riwayat Hidup, Surat Keterangan Berkelakuan
Baik (dari kepolisin), Surat Keterangan Sehat (dari dokter/puskesmas), Ijasah-
ijasah dari pendidikan formal, sertifikat-sertifikat dari pendidikan non formal,
piagam-piagam penghargaan dan yang paling utama juga adalah surat penga-
laman kerja atau referensi dari tempat si pelamar kerja sebelumnya.