Butuh Contoh surat lamaran kerja ??

Saturday, March 31, 2012

Hal hal Perlu Dicermati dari Pengumuman Lowongan Kerja

Hal hal Perlu Dicermati dari Pengumuman Lowongan  Kerja Mencari pekerjaan melalui iklan lowongan kerja memang mudah. Anda tinggal klik di internet atau membuka Pengumuman lowongan kerja yang dimuat di media massa. Tapi ingat, Anda mesti mencermati setiap lowongan kerja yang dipasang. Dengan demikian, Anda bisa menghemat waktu untuk mengirimkan lamaran ke alamat Pengumuman lowongan yang dipasang. Itu berarti Anda menghemat biaya. Ada baiknya Anda perhatikan dulu pengumuman lowongan kerja itu dengan seksama. Berikut tips untuk Anda dalam mengambil sikap terhadap Man lowongan kerja. 

a. Syarat Lamaran Harus Jelas dan Terukur
Kualifikasi apa yang harus dimiliki untuk melamar di perusahaan tersebut. Misalnya persyaratan umur, pendidikan, jenis kelamin, keahlian, dan sebagainya. Hal ini perlu Anda pertimbangkan. Jika tidak memenuhi salah satu syarat tersebut sebaiknya Anda tidak perlu mengirimkan lamaran.
b. Iklan Tersebut harus Memberi Kejelasan Bisnis Perusahaan
Maksudnya dalam bidang apa perusahaan tersebut bergerak. Informasi ini cukup penting untuk mengukur apakah jenis bisnis perusahaan itu akan cocok untuk Anda nantinya. 

c. Menerangkan Informasi Perilaku Kerja
Misalnya, bersedia bekerja sesuai deadline, bersedia ditugaskan ke luar kota, mampu bekerja sama dalam tim, dan seterusnya. Informasi ini penting untuk
menjelaskan kepada pelamar akan tanggung jawabnya jika diterima bekerja kelak.
d. Mencantumkan Manfaat yang Ditawarkan
Misalnya kisaran gaji dan fasilitas yang akan diberikan. Memang tidak semua iklan mencantumkan hal ini. Tetapi iklan lowongan kerja yang mencantumkannya, dapat mengindikasikan bahwa perusahaan tersebut telah siap menerima karyawan sebagai suatu aset. Tetapi Anda pun harus menyadari, bahwa pencantuman itu menandakan bahwa Anda harus bersedia bekerja keras sesuai dengan kompensasi yang akan Anda terima nantinya.

e. Pastikan Alamat Perusahaan Jelas
Sehingga anda tidak Bingung Lebih balk lagi, selain mencantumkan alamat perusahaan atau PO. BOX, iklan tersebut juga mencantumkan alamat e-mail. 
f. Batas Waktu Pengiriman Surat Lamaran Jelas
Agar Anda tidak buang-buang biaya dan energi untuk mengirim surat lamaran kepada perusahaan pemasang iklan, ketahui batas waktu pengiriman lamaran. Jika tanggalnya sudah lewat sebaiknya tidak usah kirimkan, daripada lamaran Anda dicuekin.
g. Media Tempat Pemasangan Iklan
Jika iklan tersebut di pasang di media terkenal dan memiliki jangkauan luas, maka kemungkinan akan banyak pelamar. Ini menandakan bahwa tingkat kompetisi akan tinggi sehingga peluang untuk di terima pun tidak begitu besar. Tetapi,pengumuman lowongan kerja yang dipasang pada media terkenal dengan ukuran besar juga bisa menandakan perusahaan tersebut cukup bonafid. Begitu juga dengan pemasangan pengumuman di internet. Jika iklan tersebut di pasang di situs yang cukup besar dan terkenal, kemungkinan perusahaan yang bersangkutan cukup bonafid. Jadi Anda mesti siap-siap bersaing dengan pelamarlainnya.

Post a Comment

Popular Posts

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

About This Blog

  © Blogger template PingooIgloo by Ourblogtemplates.com 2009

Back to TOP