Butuh Contoh surat lamaran kerja ??

Saturday, March 31, 2012

Tips Rahasia Menghadapi Ujian Khusus calon PNS

Tips Rahasia Menghadapi Ujian  Khusus calon PNS
Dalam menghadapi tes Calon Pegawai Negeri Sipil, Anda harus punya persiapan matang dan terpadu.

Artinya, tidak hanya masalah teknis saja yang harus Anda perhatikan, tapi juga masalah non-teknis yang biasanya sangat dominan dalam mempengaruhi Anda pada saat ujian. Jauh sebelum menghadapi tes, Anda hares sudah mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya. Artinya, Anda sudah harus mengkondisikan diri Anda berada dalam suasana tes meski tes masih jauh. Dengan mengkondisikan diri seperti itu, maka Anda akan selalu terobsesi dan termotivasi untuk berjuang sekuat tenaga dalam mempersiapkan diri Anda, baik secara materi, intelektual, mental, maupun hal-hal pendukung lainnya. Anggap saja Anda sedang menghadapi ujian masuk perguruan tinggi sehingga Anda sudah hares ikut bimbingan belajar, ikutan try out, dan berbagai macam pelatihan lainnya. 

Pada kondisi seperti ini, Anda hares mengumpulkan berbagai informasi yang berhubungar. dengan instansi yang akan Anda masuki. Mengetahui seluk beluk instansi akan menjadi nilai plus yang akan memuluskan jalan Anda untuk diterima menjadi PNS! Misalnya, jika instansi yang Anda tuju adalah instansi perhubungan atau Departemen Perhubungan, maka Anda hares tahu, mengumpulkan dan banyak membaca informasi sebanyak-banyaknya tentang perhubungan itu sendiri. Begitu juga dengan instansi-instansi lain yang spesifik, seperti instansi kepolisian, kehakiman, dan semacamnya. Biasanya, pada instansi tertentu, pertanyaan seputar instansi tersebut akan diberikan kepada peserta tes. Hal itu sexing terjadi jika ada sesi tes wawancara (kalau ada, dan memang ada beberapa instansi yang melaksanakan tes in Namun, ada juga tes yang sangat berkaitan dengan seluk beluk dan ruang lingkup instansi atas bidang yang akan Anda tuju yang diberikan dalam bentuk coal. Misalnya, instansi yang berkaitan dengan hukum, maka soal tes yang akan diberikan nantinya ada yang berkaitan dengan persoalan hukum. Oleh karena itu, jika Anda tidak tahu dan hanya mempersiapkan testes umum saja, maka bagaimana jadinya nanti jika Anda menghadapi soal spesifik seperti itu? Kalau sudah begitu, bagaimana mungkin Anda akan dilirik menjadi pegawai di instansi tersebut? 

Setelah Anda membaca dan mengetahui seluk beluk instansi yang akan Anda tuju, maka langkah selanjutnya adalah memahami dan mengerti jenis-jenis soal yang akan Anda hadapi nantinya. Karena itu, kumpulkan informasi sebanyak-banyaknya tentang jenis soal dan materi yang akan diberikan sehingga Anda akan mempersiapkan diri menghadapinya. Jika Anda sudah punya gambaran yang jelas tentang materi dan jenis soal yang akan diujikan, maka Anda akan puns alangkah-langkah strategis untuk menghadapinya. Paling tidak Anda akan berusaha untuk melatih diri Anda agar terbiasa menghadapi jenis soal yang akan dihadapi. Pada saat Anda belajar menghadapi materi atau jenis soal tersebut, cobalah untuk selalu mengukur tingkat kemampuan Anda. Dalam hal ini tidak hanya kemampuan inteiektual saja, tapi Anda juga harus mengukur tingkat ketahanan pikiran, daya tahan tubuh pada saat menghadapi tekanan, ketelitian, kesabaran, danketenangan dalam situasi apapun. Cobalah kondisikan itu semua pada saat latihan, sehingga Anda akan akrab nantinya dengan suasana seperti itu. Karena memang tes menjadi pegawai itu tidak hanya intelektual belaka,karena kemampuan dan bakat khusus pun dinilai dan menjadi penentu, dan bahkan gerak anggota badan pun akan sangat mencerminkan kepribadian Anda, dan itu akan menjadi nilai penentu baik tidaknya Anda, diterima tidaknya Anda, atau lolos tidaknya Anda. Persiapan lain yang harus Anda lakukan adalah banyak berlatih soal-soal yang akan diajukan. Dengan banyak berlatih, maka Anda akan terbiasa dan selalu
teliti serta tahu bagaimana cara mengerjakan dengan cepat dan tepat tanpa harus banyak membuang tenaga
dan pikiran. Biasanya, orang yang sudah terlatih dengan baik, mereka akan tahu bagaimana mengkondisikan
pikiran pada saat mengerjakan suatu soal, sehingga energi yang dikeluarkan pun akan tertata secara sistematis. Dalam hal ini, ada kaitannya dengan cara Anda mengetahui jenis-jenis soal yang sudah harus Anda
persiapkan lebih dulu. Di samping hal di atas, Anda juga harus mempersiapkan sejak dini kepribadian Anda. Tunjukkan kepribadian yang bagus dan positif dalam segala hal, meskipun itu adalah hal yang kecil dan sederhana. 

Kejujuran, kecermatan, dan ketelitian menjadi modal berharga yang harus Anda bawa pada saat menempuh
ujian. Itu sangat mutlak dipunyai pada diri Anda. Apalagi pada saat menghadapi tes khusus seperti wawancara, sehingga kepribadian Anda akan sangat kelihatan dari cara gerak dan olah tubuh Anda. Satu hal yang harus diingat dalam melatih kepribadian adalah harus jujur. Kejujuran sangat penting dalam mengerjakan soal dan pada saat menghadapi wawancara. Jangan sekali-kali Anda berusaha membuat sesuatu yang tidak jujur, karena hat itu akan menjadi penilaian tersendiri bagi pengawas. Ketidakjujuran adalah cermin dari ketidakpercayaan kepada dirt sendiri. 

Kalau sudah tidak percaya dirt, bagaimana mungkin Anda akan diterima menjadi pegawai negeri sipil. Kalaupun diterima, mental tidak jujur inilah yang akan menghancurkan sebuah bangsa! Tentu nurani kita tidak
berharap yang demikian bukan? Nah, setelah mempersiapkan segala hal di atas, cobalah untuk terus menambah pengetahuan Anda dengan cara membaca banyak buku, baik itu yang berhubungan dengan instansi yang terkait, maupun berbagai pengetahuan umum, khususnya apa yang akan dijadikan materi tes itu nantinya. Jika Anda mempunyai banyak pengetahuan umum dan juga membekali dengan ketrampilan dasar dari materi tes yang diajukan, maka bisa dipastikan Anda tidak akan menemui kesulitan untuk menjawab segala soal yang diajukan nantinya. Ingat, jangan sekali-kali menggunakan ajibimsalabim atau menggunakan hitungan kancing baju untuk menjawab soal, karena hal itu akan sangat merugikan


Anda, dan tidak akan banyak membantu. Seberapa banyakkah dan seberapa siapkah di antara para peserta
yang mengikuti ujian? Banyak sudah media yang mengetengahkan fenomena adu nasib dalam menghadapi tes Pegawai Negeri Sipil ini. Dan kebanyakan dari orang-orang seperti itu tidak diterima dan bahkan secara mental sudah tidak lulus ujian! Akankah Anda ingin menjadi orang kebanyakan yang'hanya mencari pengalaman ikut tes saja tanpa ada persiapan untuk sukses menembus penerimaan pegawai tersebut? Jika Anda membaca buku ini, tentu Anda tidak ingin menjadi orang kebanyakan tersebut bukan? 

Selain itu juga, kami tidak ingin menjadikan Anda sebagai orang yang kalah bersaing dalam persaingan seperti ini! Jika pun setelah membaca buku ini Anda kalah bersaing, maka Anda akan kalah dengan terhormat, dan Anda tidak perlu untuk menyesali Karena percayalah, Tuhan akan membantu Anda pada kehidupan selanjutnya, asalkan Anda tetap dalam usaha dan selalu meningkatkan potensi diri dengan sebakbaiknya.

Post a Comment

Popular Posts

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

About This Blog

  © Blogger template PingooIgloo by Ourblogtemplates.com 2009

Back to TOP